Minggu, 24 Juni 2012

As Roma

 


Logo A.S. Roma
Associazione Sportiva Roma, biasa disebut AS Roma, adalah sebuah klub sepak bola Italia yang bermarkas diRoma. Klub ini berlaga di Seri A.

Sejarah

A.S. Roma didirikan pada musim panas 1927 oleh Italo Foschi dengan cara menggabungkan 3 klub sepak bola dari kota Roma,Italia yaitu Roman FC, SS Alba-Audace dan Fortitudo-Pro Roma SGS. Alasan dari merger ketiga klub ini adalah untuk membentuk sebuah klub sepak bola yang kuat untuk menjadi rival dari klub-klub sepak bola Italia bagian Utara. Namun demikian dari penggabungan ini, ada satu klub di kota Roma waktu itu yang tidak ikut bergabung, yaituSS Lazio.
Hingga kini satu-satunya kejuaraan antar klub Eropa yang pernah dijuarai oleh A.S. Roma adalah Inter-Cities Fairs Cup pada periode 1960-1961 yang merupakan cikal bakal dari kejuaraan UEFA Europa League. Ironisnya kompetisiInter-Cities Fairs Cup ketika itu ternyata tidaklah di selenggarakan oleh UEFA sehingga sebagai konsekuensinya UEFA tidak menganggap catatan juara klub-klub di Inter-Cities Fairs Cup termasuk A.S. Roma untuk menjadi bagian dari catatan Eropa mereka.

Prestasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar